Trip to Krui Pesisir Barat Provinsi Lampung

Selama berlibur ke Kabupaten Pesisir Barat Jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata terkenal berikut ini ;

                                                                                           

1. Pantai Tanjung Setia Kab.Pesisir Barat Provinsi Lampung

 

Gambar : Dokumen Pribadi

Pantai Tanjung setia terkenal dengan pasir putihnya yang memukau, patai ini sudah mulai dikenal oleh turis Lokal dan Manca Negara. Disamping terkenal akan keindahan paintainya yang bersih pantai ini juga banyak dikunjungi oleh turis untuk melakukan Diving, Snorkling, dan Selancar. Jika anda bertamasya ke pantai ini di pinggir telah berdiri beberapa penginapan dengan harga sekitar Rp.300.000 s/d Rp.500.000 per malamnya tergantung dengan jenis kamar yang diinginkan. Semenjak kabupaten Pesisir Barat memisahkan diri dari kabupaten Lampung Barat dan memiliki Bupati tersendiri sejak tahun 2016, tempat-tempat wisata di Pesisir Barat mulai menggeliat. Akan tetapi, dikarenakan daerah ini merupakan daerah yang baru mekar maka diperlukan kerja yang ekstra dari jajaran pemerintahan khususnya Dinas Pariwisata untuk membuat tempat ini lebih terkenal lagi. Pantai Tanjung Setia dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat dari Kota Bandar Lampung sekitar 5 Jam perjalanan.

 

2. Pantai Melasti Marang

Gambar : Dokumen Pribadi

Tidak berbeda jauh dengan pantai Tanjung Setia, Pantai Melasti Marang juga didominasi oleh pantai yang berpasir putih dan deburan ombak laut yang jernih. Hal lain yang menjadi ikonik dipantai ini yaitu adanya tempat peribadatan bagi ummat agama Hindu, karena memang pantai Melasti ini berada di pekon Marang yang mana penduduknya hampir 90 % beragama Hindu. Jadi jika anda berminat melihat keindahan pantai pulau dewata ala Lampung maka datanglah ke pantai Melasti Marang.

3. Pantai Labuhan Jukung Krui

                                                                                        

Gambar : Dokumen Pribadi

Diantara kedua pantai yang saya sebutkan diatas pantai Labuhan Jukung merupakan pantai yang sudah dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata Kab Pesisir Barat. Hal ini dapat terlihat dari penataan pantai yang telah dilengkapi dengan kursi-kursi dan payung yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis. Hanya dengan memesan Es kelapa muda atau yang dikenal dengan DEGAN/DUGAN maka pengunjung bisa sepuasnya duduk-duduk sambil menikmati keindahan pantai. Dipinggir pantai  telah berdiri bangunan serbaguna milik pemerintah dan telah dilengkapi dengan suara peringatan yang bunyi secara berkala untuk mengingatkan kepada para pengunjung agar selalu menjaga kebersihan pantai dan juga  tidak berenang dipantai. Disamping itu, tepat dibibir pantai juga telah berdiri sebuah bangunan yang menyerupai Anjungan Kapal , tentunya bagi pengunjung yang senang berselfi ria maka tempat ini sangat bagus sekali dan instagramable. Jika anda lapar, di dekat pantai ada sebuah pondok bakso dengan menu favorite nya bakso Ikan dengan harga yang lumayan terjangkau. Jika kami mudik ke Krui maka kami selalu menyempatkan diri untuk berkuliner di pondok bakso ini. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini bukan pada saat momen libur lebaran iedul fitri  karena dipastikan akan sangat ramai sekali.

4. Pulau Pisang

  Gambar : Dokumen Pribadi

Pulau pisang merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di pesisir barat dan recomended untuk untuk didatangi. Untuk datang kepulau pisang pengunjung dapat melalui 2 tempat yang pertama dari labuan jukung krui dan yang kedua dari penyebrangan di dermaga tradisional daerah tembakak yang tepat berada dipinggir jalan lintas bengkulu. Saya merekomendasikan untuk menggunakan penyebrangan dari dermaga tradisional pekon tembakak dengan pertimbangan jarak tempuh penyebrang lebih singkat dibandingkan dengan melalui pelabuhan jukung krui. Dipulau pisang para traveler bisa hunting spot untuk berfoto ria, terutama didaerah pantai yang memiliki batu karang yang indah. Selain berwisata pantai di pulau pisang traveler juga bisa menyewa kendaraan roda dua untuk mengelilingi pulau melihat perkebunan kelapa dan cengkeh dan bisa juga mengunjungi bangunan mercusuar yang sudah ada sejak jaman penjajahan. Jika traveler berencana menginap maka dipulau pisang sudah ada penginapan yang dibangun atau juga bisa menyewa rumah penduduk setempat. Kelemahan lain untuk berwisata kepulau pisang adalah masalah transportasi penyebrangan yang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerahnya sehingga para traveler yang ingin berkunjung ke pulau pisang hanya dilayani oleh penduduk lokal yang memiliki usaha penyebrangan dengan menggunakan perahu kecil atau dikenal dengan jukung.

 

 

6. Pantai Tembakak

                                                                                                      

Gambar : Dokumen Pribadi 

Pantai tembakak lokasinya tidak jauh dari dermaga penyebrangan  ke pulau pisang tepatnya sekitar 0,5 KM kearah pugung atau bengkulu. Dipantai ini traveler bisa menikmati keindahan batu karang dipinggir pantai. Pada saat penulis berkunjung ke pantai ini banyak para traveler sedang berkunjung dengan keluarga sambil menikmati bekal/makan dipinggir pantai sambil menikmati gulungan ombak. Selain bisa menikmati keindahan batu karang dipantai ini para traveler juga bisa mencari batu-batu kali yang berwarna hitam. Batu kali yang ada dipantai tembakak ini berbeda dengan batu kali pada umumnya karena warna hitamnya lebih mengkilap dan sangat bagus sekali untuk dijadikan hiasan ditaman rumah. Menurut info yang kami dapat bahwa pada saat ini pemerintah daerah pesisir barat sudah mengeluarkan larangan kepada penduduk untuk memperjual belikan batu-batu yang ada di pantai tembakak karena dikhawatirkan dengan banyaknya batu yang diperjualkan akan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. (Dro)

Who's Online

We have 8 guests and no members online

Login Form

Statistik

Articles View Hits
42565

...........